Mungkinkah Pixel 6 Bakal Menandingi Iphone 13?

Jakarta – Setelah Apple merilis iPhone 13, Google bakal meresmikan kehadiran Pixel 6 (dan Pixel 6 Pro). Mungkin ponsel gres Google ini bakal lebih menawan dari iPhone 13.

Bukan, ini bukan memiliki arti iPhone 13 (varian manapun) tidak menarik. Ada beberapa kenaikan di iPhone 13 dibanding iPhone 12. Misalnya layar 120Hz (khusus seri Pro), atau kamera yang lebih baik, dan pasti daya tahan baterai yang lebih baik.

Namun peningkatannya terbilang minor dibanding iPhone 12, sehingga mungkin jajaran iPhone 13 gres itu tak lagi menawan untuk pengguna iPhone 12 (atau bahkan iPhone 11).

Di segi lain, Google punya beberapa hal gres di Pixel 6 yang sepertinya ialah kenaikan signifikan dibanding Pixel 5. Terlebih lagi, Pixel 5 yakni salah satu lini Pixel yang paling tak impresif, khususnya alasannya yakni pemakaian prosesor Snapdragon 765G, bukan chip flagship seumpama Pixel seri lainnya.

[irp]

Sejauh ini Google gres membanggakan system on a chip (SoC) yang dipakai di Pixel 6, yakni SoC bikinan sendiri berjulukan Tensor. Artinya Google tak lagi bergantung pada pasokan chip dari Qualcomm di Pixel 6.

Google menyebut Tensor yakni inovasi terbesar Google sejauh ini. Didesain oleh para engineer Google dan dibentuk khusus untuk Android, sama seumpama yang dijalankan Apple dengan formasi chip seri A-nya.

Performanya memang masih dirahasiakan, tetapi yang terang Google berjanji Tensor bakal sanggup berkompetisi dengan chip lain yang ada di saat ini. Mungkin juga sanggup berkompetisi dengan chip seri A bikinan Apple.

Penggunaan Tensor ini juga menghasilkan Pixel 6 sanggup memperoleh derma software lebih lama, begitu pula dengan derma keamanan. Berbeda dengan penggunaan chip Qualcomm seumpama Pixel generasi sebelumnya, yang cuma disokong selama tiga tahun (Pixel 6 bakal memperoleh derma software selama enam tahun).

Selain SoC, ada juga Android 12 yang punya sejumlah fitur gres yang menarik. Google juga prospektif Pixel 6 bakal mempergunakan AI dalam penggunaan sehari-hari, bahkan menjadi ponsel paling AI dalam sejarah Pixel.

AI ini bakal dipakai di aneka macam hal, seumpama komputasi fotografi ataupun penerjemahan teks atau bunyi yang lebih baik.

Namun iPhone 13 bakal tetap punya keistimewaan tersendiri di Indonesia dibanding Pixel 6. Keunggulannya yakni iPhone 13 bakal hadir secara resmi, sementara Pixel 6 tidak.

About Rendy Zakaria

Check Also

8 Terbaru Aplikasi Kamera Tembus Pandang

[Terbaru] 8 Aplikasi Kamera Tembus Pandang

Pengembangan aplikasi di Google Playstore menjadi lebih dan lebih hancur dan kami terkejut oleh beberapa …