Harus Ikut Tren, Ini Kiat Usaha Makanan Kontemporer Agar Tetap Eksis

Jakarta – Membangun bisnis di bidang apapun pasti tak semudah membalikkan telapak tangan, tanpa terkecuali dengan bisnis masakan kekinian. Agar tak cuma sekedar ikut-ikutan tren dan momen viral saja, pebisnis pasti punya taktik untuk menjaga bisnisnya.

CEO Masakin Group & co-Founder Menantea Bisma Adi Putra mengatakan, bisnis masakan kontemporer memiliki kesempatan besar utamanya bagi pemula. Pebisnis juga sanggup meraup cuan dengan modal sedikit sebab versi bisnis masakan yang lebih sederhana.

“Pertama sebab modalnya lebih minim apabila pakai rancangan kekinian, modal secara duit lebih sedikit, kerja keras secara operasional juga jauh lebih terkontrol sebab karyawannya sedikit, peralatannya sedikit. Terus jauh lebih berkaitan dengan anak muda sekarang,” kata Bisma dalam kegiatan d’Mentor, Rabu (6/10/2021).

Dia mengatakan, ada dua profil untuk mengawali bisnis masakan kontemporer merupakan sanggup dengan membangun merk sendiri atau dengan menjadi teman franchise. Pria yang telah menekuni di F&B sejak 11 tahun kemudian ini juga menyebutkan, bisnis masakan akan terus mengalami pergantian sehingga pelaku usahanya mesti dinamis.

[irp]

“Ini salah satu argumentasi kenapa bahagia di F&B sebab senantiasa berubah, setahun minimal 2 kali tren dan market, yang viral, yang trending itu niscaya ada tiap tahun. Karena itu kita nggak pernah sanggup stagnan, mesti terus bergerak,” ujarnya.

Bisma juga turut menyebarkan beberapa kiat dan trik kejar untung di bisnis kuliner, berikut ringkasannya:

Tetap inovatif dan inovasi

Cara untuk mendapat wangsit sanggup lewat banyak sekali hal tergolong dengan menyaksikan tren di media sosial. Bisnis masakan kontemporer juga salah satu kuncinya dengan aktif mengerjakan penawaran khusus di media sosial. Bisma mengakui, senantiasa meluangkan waktu 30 menit sebelum tidur untuk mendapat wangsit dari menonton video di TikTok.

[irp]

“Minimal sebelum tidur luangin waktu 30 menit scrolling TikTok. Pasti ada sumber inspirasi, minimal dilihat, dibahas dan sebuah waktu nyangkut (diterapkan ke bisnis kuliner),” kata dia.

Ikuti tren

Tips kedua merupakan senantiasa buat produk yang mengikuti tren. Minimal, kata dia, tambah kuliner atau minuman yang sedang tren itu ke dalam menu. Lakukan kombinasi mudah-mudahan memukau bagi konsumen. Contohnya menyerupai kuliner croffle yang beberapa bulan kemudian viral, kini banyak sekali kedai kopi pun turut memasarkan cemilan ini dengan banyak sekali rasa.

Struktur organisasi yang sederhana

Struktur organisasi juga kokoh dalam pertumbuhan bisnis kuliner. Bisma menyarankan mudah-mudahan organisasi yang dibangun seramping mungkin. Artinya gunakan administrasi SDM inti seminimal mungkin.

Adapun masalah marketing, administrasi sosial media, event project, sampai keperluan akomodasi gudang sanggup mengandalkan vendor-vendor atau merekrut freelancer. Fungsinya pasti untuk mengefisiensi pengeluaran.

Itulah beberapa kiat dan trik yang sanggup dijalankan pelaku kerja keras di bidang masakan kekinian. Semoga bermanfaat!

About Rendy Zakaria

Check Also

Cara memulai bisnis online untuk pemula

8 Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula Agar Cepat Cuan

Entrepreneur.co.id – Memulai bisnis online memang harus memiliki persiapan khusus, dan tidak boleh gegabah. Karena …