Entrepreneur.co.id
Ekonomi Indonesia Belum Maksimalkan Industri Manufaktur
Ekonomi Industri

Ekonomi Indonesia Belum Maksimalkan Industri Manufaktur

ENTREPRENEUR.CO.ID, JAKARTA – Seperti yang banyak diberitakan, Pertumbuhan ekonomi Indonesia dari tahun ketahun masih mangkrak di kisaran 5 persen. Hal ini dikarenakan sebagian potensi yang dimiliki belum bisa dimaksimalkan sepenuhnya. Salah satu faktor yang bisa mendukung ialah industri manufaktur.

Dikatakan oleh Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (Core), Mohammad Faisal, industri manufaktur seharusnya menjadi proiritas. Jika tidak, maka Indonesia akan tetap seperti negara lain yang terjebak dengan pendapatan menengah selama kurang lebih 50 tahun.

“Kita perlu kembali lagi membangun industri manufaktur supaya pertumbuhan ekonomi kita bisa paling tidak 7 persen untuk bisa mengejar. Karena kita kalau melihat beberapa contoh kasus negara berkembang lain mereka banyak berada di kelompok menengah lebih dari 50 tahun, setengah abad,” tuturnya di Hongkong Cafe, Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Dijelaskan lebih lanjut, Faisal menyebut bahwa topik ini seharusnya diangkat dalam debat capres mendatang. Dan seharusnya kedua pasangan calon presiden menyampaikan strategi untuk bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi semakin tinggi. Khususnya melalu jalur industri.

“Harus ada perubahan dan salah satunya mendorong industri manufaktur yang selama lebih dari 10 tahun ini sudah gejala deindustrialisasi dini. Itu yang belum pernah diangkat, jadi dalam 5 tahun ke depan itu harusnya jadi salah satu agenda utama untuk siapapun yang nanti memimpin,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Faisal, penting juga untuk memperhatikan perkembangan teknologi digital ekonomi. Hal ini dibutuhkan untuk memasarkan produk dalam negeri ataupun ke negara lain.

“Tentu saja bagaimana manfaatkan pertumbuhan digital ekonomi. Saya pikir bagaimana manfaatkan pertumbuhan ekonomi digital untuk mendorong produksi di dalam negeri, karena sekarang masih cenderung dimanfaatkan pasarnya saja,” pungkasnya.

Related posts

Menhub Minta Citilink Dan Lion Air Buka Rute Tiap Hari Ke Way Kanan

Reni Puspita

Investor Tunggu Hasil KPU Untuk Tanam Modal Di Indonesia

Ronald Simatupang

Sri Mulyani Berharap Tradisi Mudik Berdampak Pada Pemerataan Ekonomi

Anggoro Putri

Leave a Comment