7 Alasan dan Pentingnya Ilmu Data (Data Science) serta Fungsinya Untuk Bisnis

Entrepreneur.co.id – Seperti yang kita ketahui, tanpa adanya keahlian teknis para profesional yang mengubah teknologi mutakhir menjadi wawasan yang dapat ditindaklanjuti, istilah yang kita kenal dengan big data bukanlah apa-apa.

Saat ini, semakin banyak organisasi yang membuka pintu mereka untuk big data serta menunjukkan kemampuannya untuk meningkatkan nilai seorang ilmuwan data yang tahu cara menggali wawasan yang dapat ditindaklanjuti dari gigaabyte data, khususnya dengan kemampuan artificial intelligence (AI).

Apa Sebenarnya yang Dilakukan Para Ahli Data (Data Scientist)?

Sebagian besar ilmuwan atau ahli data di industri mengenal jauh dan sering mengikuti pelatihan statistik, matematika, dan ilmu komputer.

Pengalaman mereka adalah cakrawala luas yang juga meluas ke visualisasi data, mining atau penambangan data, dan manajemen informasi.

[irp]

Cukup umum bagi mereka untuk memiliki pengalaman sebelumnya dalam desain infrastruktur, komputasi awan (cloud computing), pergudangan data, serta seringkali bergulat dengan artificial intelligence atau yang sering disebut dengan singkatan AI.

Menurut seorang wirausahawan muda Indonesia di bidang digital Rifqi Mulyawan, artificial intelligence yang disingkat dengan AI sebenarnya lebih seperti alat bantu yang artinya hanya akan berguna jika diimplementasikan.

Terkait masalah AI, Rifqi juga menjelaskan terkait pentingnya ilmu data dan fungsinya untuk memperkuat bisnis Anda di era digital sekarang sebagai berikut.

7 Alasan dan Pentingnya Ilmu Data (Data Science) serta Fungsinya Untuk Bisnis

1. Memberdayakan Manajemen dan Pejabat untuk Membuat Keputusan yang Lebih Baik

Ilmuwan data yang berpengalaman kemungkinan akan menjadi penasihat tepercaya dan mitra strategis bagi manajemen tingkat atas organisasi dengan memastikan bahwa staf memaksimalkan kemampuan analitik mereka.

Seorang ilmuwan data mengomunikasikan dan menunjukkan nilai data institusi untuk memfasilitasi proses pengambilan keputusan yang lebih baik di seluruh organisasi, melalui pengukuran, pelacakan, dan pencatatan metrik kinerja serta informasi lainnya.

2. Mengarahkan Tindakan Berdasarkan Tren yang akan Membantu Menentukan Tujuan

Berikutnya yaitu mengarahkan tindakan berdasarkan tren.

Seorang ahli data memeriksa dan mengeksplorasi data organisasi, setelah itu mereka merekomendasikan dan meresepkan tindakan tertentu yang akan membantu meningkatkan kinerja lembaga, melibatkan pelanggan dengan lebih baik, dan pada akhirnya meningkatkan profitabilitas.

3. Menantang Staf untuk Mengadopsi Praktik Terbaik dan Fokus pada Masalah yang Penting

Salah satu tanggung jawab seorang ilmuwan data adalah memastikan bahwa stafnya terbiasa dan berpengalaman dengan produk analitik organisasi.

Mereka mempersiapkan staf untuk sukses dengan demonstrasi penggunaan sistem yang efektif untuk mengekstrak wawasan dan mendorong tindakan.

[irp]

Setelah staf memahami kemampuan produk, fokus mereka dapat beralih untuk mengatasi tantangan bisnis utama.

4. Mengidentifikasi Peluang

Selama interaksi mereka dengan sistem analitik organisasi saat ini, ilmuwan data mempertanyakan proses dan asumsi yang ada untuk tujuan mengembangkan metode tambahan dan algoritme analitik.

Rifqi menjelaskan bahwa pekerjaan mereka menuntut mereka untuk terus menerus dan terus menerus meningkatkan peluang dan nilai yang diperoleh dari data organisasi.

5. Identifikasi dan Penyempurnaan Target

Pria kelahiran kota Amuntai tersebut juga menerangkan terkait pentingnya penerapan analitik pada website yang dimiliki organisasi.

Seperti dari Google Analytics hingga survei pelanggan, sebagian besar perusahaan akan memiliki setidaknya satu sumber data pelanggan yang dikumpulkan.

Tetapi jika tidak digunakan dengan baik, sebagai contoh misalnya, untuk mengidentifikasi demografi, maka data tersebut tidak berguna.

Pentingnya ilmu data didasarkan pada kemampuan untuk mengambil data yang ada yang belum tentu berguna dengan sendirinya dan menggabungkannya dengan titik data lain untuk menghasilkan wawasan yang dapat digunakan organisasi untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan dan audiensnya.

Seorang ilmuwan data dapat membantu mengidentifikasi kelompok kunci dengan tepat, melalui analisis menyeluruh terhadap sumber data yang berbeda.

Dengan pengetahuan mendalam ini, organisasi dapat menyesuaikan target terkait layanan dan produk untuk kelompok pelanggan, serta membantu margin keuntungan agar berkembang.

6. Merekrut Bakat yang Tepat untuk Organisasi

Membaca resume sepanjang hari adalah tugas sehari-hari dalam kehidupan perekrut, tetapi itu semua sudah berubah karena adanya big data.

[irp]

Dengan jumlah informasi yang tersedia tentang bakat, khususnya melalui media sosial, database perusahaan, dan situs web pencarian kerja, Rifqi menjelaskan bahwa ilmuwan data dapat menelusuri semua titik data ini untuk menemukan kandidat yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Dengan menambang sejumlah besar data yang sudah tersedia, pemrosesan internal untuk resume dan aplikasi, serta bahkan tes bakat dan permainan berbasis data yang canggih, ilmu data dapat membantu tim rekrutmen Anda membuat pilihan yang lebih cepat dan akurat, terang wirausahawan muda tersebut.

7. Tindakan dengan Bukti yang dapat Diukur dan Berbasis Data

Yang terakhir yaitu tingdakan dengan bukti yang dapat diukur dan berbasis data.

Dengan kedatangan ilmuwan data, pengumpulan dan analisis data dari berbagai saluran telah mengesampingkan kebutuhan untuk mengambil risiko berisiko tinggi.

Ilmuwan data membuat model menggunakan data yang ada yang mensimulasikan berbagai tindakan potensial, di mana dengan cara ini, organisasi dapat mempelajari jalur mana yang akan memberikan hasil bisnis terbaik.

Penutup

Itulah beberapa alasan dan pentingnya ilmu data serta fungsinya untuk memperkuat bisnis Anda di era digital menurut pengusaha muda Indonesia Rifqi Mulyawan.

Secara keseluruhan, ilmu data dapat menambah nilai bagi bisnis apa pun yang dapat menggunakan datanya dengan baik.

[irp]

Mulai dari statistik dan wawasan di seluruh alur kerja dan perekrutan kandidat baru, hingga membantu staf senior membuat keputusan yang lebih tepat, ilmu data sangat berharga bagi perusahaan mana pun di industri apa pun.

About Ahmad Jaenadi

Check Also

6 Aplikasi Pemutar Musik Terbaik 2022

6 Aplikasi Pemutar Musik Terbaik 2022

6 Aplikasi Pemutar Musik Terbaik 2022 – Musik dapat diputar di mana saja, termasuk melewati …