Entrepreneur.co.id
Berita

Karyawan PT. KAI Ancam Akan Mogok Kerja Perihal Hak Asasi Manusia

Ribuan karyawan Kereta Api Indonesia (KAI) mengancam bakal mogok kerja. Hal ini dikarenakan mereka ingin direksi mencabut peraturan tentang pernikahan antar pegawai KAI yang di anggap melanggar hak asasi manusia.

Serikat Pekerja Kereta Api (SPKA) menuntut direksi agar menghapuskan peraturan tersebut. Ketua SPKA memutuskan akan mogok kerja yang diambil pada rapat pimpinan Jawa- Palembang, Sumatera selatan. Karena dianggap masalah ini tidak ada solusinya dan berlarut- larut.

Oleh sebab itu, mereka memutuskan unutk mogok kerja. Peraturan tersebut mengakibatkan pada hubungan pernikahan yang akan retak dan adanya gugatan cerai akibat peraturan tersebut. Padahal undang –undnag tersebut sudah di cabut oleh Mahkamah Konstitusi.

Ketua SPKA juga sudah menyampaikan jika pasutri yang sama bekerja di satu direksi atau wilayah itdak akan menganggu direksi tersebut. Dengan adanya peraturan ini akan membuat pasutri menimbulkan konflik.

Pihaknya juga sudah melakukan perundingan bipatri dan tripati dengan disnaker Kota Bandung tapi belum juga membuahkan hasil seperti yang di ajukan. Ketua SPKA juga akan melayangkan keberatan pada direksi atas di berlakukannya peraturan tersebut karena merugikan pekerja.

Mereka akan turun ke jalan dan mogok kerja. Mereka juga akan menuntut penyesuaian gaji dan pendapatan yang kurang sesuai dengan yang diberikan management, harusnya gaji pokok di kali 110 persen. Namun saat inii hanya 105,2 persen gaji.

Related posts

Korea Utara mengatakan uji coba rudal adalah peluncuran berbasis kapal selam ‘baru’

Siti Lailatil Mukarromah

Munarman Batal Dikonfrontasi dengan Tersangka Kasus Ninoy

Fey Bianca

Iklan di Lock Screen Smartphone Huawei ditarik

Sakinatul Muhimmah

Leave a Comment