Entrepreneur.co.id
Bappenas Ungkap Strategi Kejar Pertumbuhan Ekonomi 6 Persen
Bisnis Ekonomi

Bappenas Ungkap Strategi Kejar Pertumbuhan Ekonomi 6 Persen

Entrepreneur.co.id, Jakarta – Diberitakan bahwa Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dalam RPJMN 2020-2014 memberikan target pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,4 hingga 6 persen per tahun.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri PPN. Kepala Bappenas, Bambang Bodjonegoro pada sebuah acara Musyawarah Perencanaan Pengembangan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2020.

“Pada tahun 2020-2024 pertumbuhan ekonomi diharap meningkat menjadi rata-rata 5,4-6% per tahun,” ucapnya di Shangri-La Hotel, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/2019).

Dirinya juga memaparkan terkait strategi dalam mencapai pertumbuhan ekonomi hingga 6 persen. Yang menjadi target fokus ialah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), serta memperkuat ketahanan ekonomi Indonesia.

“Agenda pembangunan RPJMN 2020-2024 difokuskan pada meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing, membangun karakter bangsa, memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas,” bebernya.

Terlepas dari itu, dirinya akan memprioritaskan terkait pengembangan wilayah guna mengurangi kesenjangan serta menjami pemerataan. Terlebih dalam memperkuat infrastruktur dan pengembangan ekonomi serta pelayanan dasar.

Selanjutnya ialah memperkuat stabilitas politik dan juga keamanan, serta transformasi layanan publik yang juga membangun lingkungan hidup. Proses berikutnya ialah dengan meningkatkan ketahanan bencana serta perubahan iklim,

“Dalam mencapai target pembangunan, kita perlu mendayagunakan infrastruktur sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi” ungkapnya.

“Kuncinya sebagaimana arahan presiden adalah sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, yang terdidik, terampil, berkarakter, sehat dan produktif. inovasi dan penguasaan IPTEK menjadi suatu strategi dalam setiap program prioritas,” imbuhnya.

Related posts

Menkeu Sebut Kondisi Ekonomi Indonesia Paling Berdaya Tahan

Reni Puspita

Pemerintah Pastikan Aksi Massa 22 Mei Tidak Ganggu Ekonomi Indonesia

Reni Puspita

92 Kelurahan Sudah Terima Saluran Dana Tahap I

Reni Puspita

Leave a Comment