Mau Punya Konsentrasi Tinggi Saat Bekerja?Ini 5 Variasi Menu Daging yang Wajib Dicoba

Entrepreneur.co.id – Kerja dari pagi hingga sore hari dari Senin sampai Jumat, atau bahkan ada yang sampai hari Minggu tentu menguras tenaga.

Sering kali kita tidak produktif bukan hanya karena kelelahan atau istilah kerennya burnout tapi juga karena konsentrasi menurun. Turun nya konsentrasi saat bekerja tentu sangat mengganggu.

Satu hal yang bisa kita lakukan untuk menghadapi tantangan ini adalah dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang.

Solusi ini terdengar sangat cliché tapi nyatanya berapa banyak sih diantara kita yang benar-benar memperhatikan keseimbangan gizi yang kita makan?

Antara karbohidrat, lemak, dan protein, biasanya kita kelebihan makan di karbohidrat (seperti dari nasi, mie, roti-rotian, dll) dan lemak.

Tapi untuk urusan protein seperti dari daging-dagingan, biasanya kurang. Padahal protein amat penting untuk memberikan stamina dan meningkatkan konsentrasi saat bekerja.

5 Variasi Menu Daging Penambah Konsentrasi Kerja

Anda bisa pertimbangkan beberapa menu kaya protein di bawah ini agar bisa dikonsumsi secara rutin. Buatnya gampang kok! Gak percaya? Ini beberapa contoh plus resep dan cara buatnya:

Daging giling bumbu kecap

Daging Giling Bumbu Kecap Penambah Konsentrasi Kerja

Bahan-bahan yang diperlukan adalah: daging giling, kentang, daun bawang, bawang bombai, jahe, garam, gula, kecap manis, saus tiram, dan irisan bawang putih dan bawang merah. Untuk bumbu halusnya, siapkan lada dan juga pala. 

Cara membuatnya adalah:

  • Goreng kentang yang sudah dipotong-potong sampai matang, lalu sisihkan.
  • Bumbu halus ditumis sampai mengeluarkan aroma harus dan campurkan dengan irisan bawang bombai, bawang putih, bawang merah, dan jahe. Tambahkan sedikit air dan masak sampai kering.
  • Masukkan daging giling, aduk rata, dan tambahkan gula, garam, kecap manis, dan saus tiram secukupnya. Dianjurkan untuk mencicipi rasanya agar tahu rasa apa yang kurang.
  • Tambahkan kentang dan irisan daun bawang. Masak sampai matang.

Daging giling bola-bola crispy

Daging giling bola-bola crispy

Untuk yang suka makanan yang digoreng, daging giling bola-bola crispy boleh dicoba.

Bahan-bahan: kentang, daging giling, bawang putih, bawang merah, keju cheddar, kaldu bubuk, lada bubuk, dan telur.

Cara membuat:

  • Kukus daging giling, kentang, bawang merah, dan bawang putih. Jika kentang dan kedua jenis bawang sudah matang, angkat, dan sisihkan. Untuk daging, biarlah mengukusnya lebih lama sampai benar-benar matang.
  • Haluskan bawang putih dan bawang merah tadi bersama dengan kaldu bubuk, dan lada bubuk.
  • Tambahkan kentang yang sudah direbus dan dikupas kulitkan ke dalam campuran bumbu sebelumnya. Penyet kentang sampai halus dan aduk dengan bumbu sampai menyatu.
  • Masukkan daging giling yang sudah direbus sebelumnya dan aduk rata. Tambahkan pula telur dan parutan keju dan aduk-aduk sampai rata.
  • Ambil adonan menggunakan sendok dan bentuk seperti bola. Masukkan ke dalam tepung roti. Sisihkan ke dalam mangkok atau piring sampai seluruh adonan habis.
  • Terakhir, goreng sampai warna keemasan, cukup dibalik sekali dan kemudian angkat.

Daging giling tumis kentang

Menu daging giling tumis kentang untuk makan siang

Bahan-bahannya adalah daging giling, kentang, daun bawang, bawang putih, margarin, gula, garam, dan lada bubuk.

Untuk membuatnya:

Pertama-tama, kupang kentang lalu potong dadu. Cuci bersih, goreng, dan kemudian sisihkan.

Kedua, tumis irisan bawang putih dengan margarin sampai harum. Masukkan daging giling, aduk, dan masak sampai daging berubah warna.

Selanjutnya, tambahkan kentang goreng, garam, gula pasir, dan lada bubuk. Aduk sampai rata.

Terakhir, jika daging sudah kering dan matang, taburi daun bawang yang sudah dipotong-potong, aduk sebentar, angkat, dan sajikan.

Daging giling kuah tomat

cara membuat daging giling kuah tomat

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan untuk bola daging daging adalah daging sapi giling, tepung roti panir, telur ayam, bubuk ketumbar, pala bubuk, bubuk kayu manis, merica, dan garam. 

Yang perlu dilakukan untuk membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Campur semua bahan dan aduk sampai rata. Ambil adonan, bentuk seperti bola-bola, susun dalam piring, tutup dengan plastik lengket, dan simpan dalam lemari es selama 1-2 jam.
  • Panaskan minyak dalam wajan dan goreng bola-bola daging tadi sampai kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Sementara itu, untuk membuat kuah tomatnya, dibutuhkan minyak goreng, bawang bombai ukuran besar yang dicincang, bawang putih yang dicincang, irisan tomat, saus tomat, kaldu jamu, mentega, dan air.

Cara membuatnya:

  • Tumis bawang irisan bawang bombai dan bawang putih sampai harum. Dianjurkan untuk menggunakan minyak bekas menggoreng bola-bola daging sebelumnya. Selain hemat, hal ini dapat membuat tumisan menjadi lebih beraroma.
  • Masukkan tomat segar dan saus tomat, aduk rata. Tambahkan air dan biarkan sampai mendidih dengan menggunakan api sedang sambil diaduk sesekali. 

Jika kuah tomat sudah mendidih, masukkan bola-bola daging tadi dan masak sampai semuanya matang. Terakhir, tambahkan mentega, aduk rata, dan masak sampai kuah mengental.

Daging giling saus tiram

Resep Daging Giling Saus Tiram

Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu daging giling, tahu yang dipotong kotak dan kemudian digoreng, buncis, lada bubuk, kecap manis, saus tiram, tepung maizena yang dilarutkan, gula, garam, kaldu bubuk, bawang putih, bawang merah, bombai, dan cabai merah atau hijau.

Cara membuatnya:

  • Pertama, tumis potongan bawang merah dan bawang putih sampai harum dan masukkan daging giling. Tambahkan lada bubuk, kecap, dan saus tiram. Aduk rata dan kemudian tambahkan 150 ml air.
  • Kedua, setelah mendidih, tambahkan buncis, potongan tahu goreng, kaldu bubuk, gula, dan garam. Aduk sampai merata.
  • Terakhir, masukkan larutan tepung maizena dan potongan bawang bombai dan cabai. Tes rasa sebelum diangkat.

Untuk mendapatkan daging giling yang fresh, Anda bisa giling sendiri daging nya dengan blender atau chooper. Buat referensi, ini 5 blender daging terbaik versi AturRumah. Blender daging ini dipilih setelah membandingkan beberapa merk ternama seperti Philips, Mitochiba, Cosmos, dan lain-lain.

About Ahmad Jaenadi

Check Also

MySkill.id

Alumni Itb Ciptakan Platform Yang Pertemukan Pencari Kerja-Perusahaan

Bandung – Tingkat pengangguran di Indonesia masih cukup tinggi. Berbagai cara dijalankan untuk menolong para …