5 Permasalahan Yang Menyebabkan AC Mobil Korea Tidak Dingin

  • Share
Masalah AC Mobil Hyundai

ENTREPRENEUR.CO.ID – Tentunya Anda pernah mengalami masalah AC mobil korea tidak dingin. Namun dalam hal ini Anda perlu tahu bahwa penyebab yang diberikan juga berbeda-beda. Lebih baik pahami terlebih dahulu untuk mendapatkan solusi yang terbaik.

5 Masalah Yang Menyebabkan AC Mobil Korea Tidak Dingin

Masalah AC Mobil Hyundai

Kondensornya kotor

Penyebab pertama yang perlu dipahami untuk AC yang tidak berfungsi ini adalah kondensornya kotor. Pecinta otomotif tentunya pasti tahu bahwa dekatnya lokasi kondensor ini dengan radiator pada mobilnya. Kotoran yang menumpuk ini tentu menimbulkan masalah yang lebih serius.

Bukan hanya menimbulkan penumpukan kotoran namun juga berdampak pada AC mobilnya. Kondensor yang tertumpuk dengan kotoran membuat fungsi AC tidak bisa mengantarkan panas secara maksimal. Hal inilah yang membuat AC menjadi susah dingin seperti semula.

Evaporator kotor

Penyebab kedua dari AC MOBIL KOREA tidak dingin masalahnya ini adalah evaporatornya kotor. Perlu dipahami bahwa evaporator ini lekat hubungannya dengan tumpukan debu. Penyebabnya juga karena kondisi mobil yang ditumpangi terlalu kotor jadi menumpuk pada bagian evaporatornya.

Sebenarnya dalam evaporator ini memang ada filter yang digunakan untuk penyaringannya. Namun Anda juga harus tahu kalau filter ini memiliki batas maksimal yang diberikan. Evaporator yang kotor akan menghambat kinerja dari AC pada mobilnya.

Kerusakan evaporator biasanya dapat disimpulkan yang banyak terjadi adalah kebocoran. Kebocoran dapat terjadi karena beberapa alasan berbeda. Biasanya, baik las lasan telah rusak, menciptakan titik kebocoran, atau korosi telah terjadi, menyebabkan kegagalan baik luar dan dalam. Ini sering terjadi karena debu atau bahan organik lainnya masuk ke dalam kotak evaporator melalui ventilasi masuk udara luar dan bersentuhan dengan permukaan evaporator.

Suasana lembab ini menyebabkan reaksi bahan organik, dan dapat membentuk zat korosif yang akhirnya dapat merusak permukaan evaporator serta kadang-kadang bisa menimbulkan masalah bau yang kurang menyenagkan di dalam kabin kendaraan, paling terlihat ketika sistem pertama kali dioperasikan. Apapun jenis kerusakan yang terjadi alangkah baiknya evaporator harus diganti sehingga tidak menimbulkan masalah yang sama di lain waktu.

Extra fan tidak berfungsi

Hal ketiga yang perlu dipahami berikutnya adalah extra fan yang tidak berfungsi. Perlu dipahami Anda tentunya tahu kinerja dari extra fan ini lekat hubungannya dengan AC. Keduanya saling membantu untuk meringankan tugasnya masing-masing.

Jadi bisa saja AC yang tidak sedingin biasanya ditentukan karena extra fan yang kurang berfungsi. Extra fan ini membuat kondensor bekerja secara optimal sehingga udara yang masuk ke bagian kabin tidak maksimal. Udara dingin yang kurang menyebabkan kinerja AC menjadi berat.

Tentunya extra fan ini tidak tentu sepenuhnya rusak karena fungsinya yang berkurang juga memiliki pengaruh besar. Seperti halnya putaran yang lebih lemah membuat AC menjadi lebih berat dari biasanya. Jika merasa putaranya lemah lebih baik cek bagian extra fan ini.

Filternya tersumbat

Penyebab keempat dalam penyebab AC mobil korea tidak dingin adalah filternya tersumbat. Anda tentunya tahu bahwa dalam AC memiliki komponen berupa filter yang memiliki fungsi yang krusial. Sesuai fungsi dengan namanya, filter ac ini memiliki fungsi untuk menyaring udara kotor yang masuk nantinya.

Jadi komponen ini tentunya butuh pembersihan yang maksimal agar kinerjanya tidak berat. Perlu dipahami dalam filter AC yang tidak dibersihkan ini membuat AC kurang dingin nantinya. Filter yang kurang bekerja dengan baik juga menjadi masalah serius yang membutuhkan pembersihan.

Freon

Masalah berikutnya yang sering terjadi adalah pada bagian freonnya. Entah dalam hal freonnya yang rusak atau ukuran kapasitas freon yang tidak maksimal. Anda tentunya paham bahwa freon memiliki fungsi yang krusial untuk AC ini.

Freon ini rawan bocor dan habis jika tidak dipantau dengan maksimal. Seperti yang diketahui bahwa komponen ini terdiri dari karet yang bocor jadi harus diperhatikan. Jangan lupa untuk mengecek bagian ini untuk tahu alasan tidak dinginnya AC terkait. Tentunya Anda bisa memahami kondisi AC yang membutuhkan pengisian atau pergantiannya.

Dengan adanya beberapa penyebab yang diberikan oleh AC mobil korea tidak dingin ini tentunya menjadi mudah. Anda bisa fokus untuk melakukan eksekusi maksimal sesuai dengan penyebab yang ditimbulkan. Penyelesaian sesuai solusi memberikan hasil lebih baik.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.