Peluang Usaha Es Capucino Cincau – Dalam kehidupan sehari-hari setiap saat memang tidak pernah lepas dari yang namanya minuman sebagai kebutuhan pokok selain makanan. Apalagi  pada saat musim kemarau datang, menikmati minuman dingin yang menyegarkan memang banyak dipilih dan dicari semua orang. Ditambah dengan cuaca saat ini di Indonesia yang tidak menentu akibat pemanasan global.

Saat ini, usaha kuliner dibidang minuman semakin merajalela hingga dapat menarik perhatian bagi beberapa orang dan dimanfaatkan sebagai peluang besar untuk menjalankan usaha yang bisa menambah pendapatan.

Segarnya Peluang Usaha Es Capucino Cincau

Pada dasarnya usaha kuliner minuman juga cukup banyak penggemarnya, penggemar minuman pun tidak kalah banyak dengan penggemar makanan. Hampir semua kalangan apapun kini sangat menyukai minuman es, baik dari kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa.

Jika mendegar nama Es Cappucino Cincau memang saat ini sudah tidak asing lagi didengar bagi Anda. Minuman yang satu ini memang cukup terkenal dan banyak sekali menarik perhatian semua orang. Minuman yang dibuat dengan campuran cincau ini memiliki rasa enak dan cukup menyegarkan. Es capucino cincau sangat banyak diminati oleh banyak masyarakat disaat cuaca panas. Kondisi badan yang kehausan akan hilang saat menikmati minuman capucino cincau ini. Minuman ini juga sangat banyak diminati oleh semua kalangan, baik anak-anak sampai orang dewasa.

Peluang Usaha Es Capucino Cincau

Kenapa Es Capucino Cingcau Disukai Banyak

Selain memiliki rasa yang nikmat, minuman es cappuccino cincau juga bisa dijadikan sebagai ladang dalam sebuah bisnis. Peluang usaha untuk menjual es cappucino cincau sampai saat ini masih saja terbuka sangat lebar bagi siapa saja yang ingin mulai menjalani bisnis ini. Usaha es capucino cincau juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar tetapi usaha ini cukup menguntungkan apabila dijalankan.

Munculnya minuman es cappucino cincau dimasyarakat memang membuat banyak orang yang terarik menjalankan bisnis minuman capucino cincau ini. untuk mendapatkan cappucino cincau sendiri juga terbilang sangat mudah karena saat ini cukup banyak sekali yang menawarkan minuman es cappucino cincau ini baik mulai dari pedagang di pinggir jalan bahkan hingga direstoran. Meskipun seperti itu usaha ini tetap membuat bisnis minuman ini laku keras dipasaran.

Peluang dari usaha kuliner minuman es cappucino cincau memang cukup baik dan bagus. Bisnis capucino cincau juga telah banyak dipilih oleh banyak orang demi mendatangkan keuntungan yang lebih besar. Peluang usaha es capuccino cincau ini juga telah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang. Jika anda tertarik dengan peluang bisnis ini, Anda bisa memulainya dari sekarang.

Selanjutnya, kira–kira berapa modal yang dibutuhkan untuk menjalankan peluang usaha minuman es cappucino cincau? Mengenai modal, Anda hanya perlu siapkan modal awal kurang lebih sebesar 3,5 juta rupiah sampai 5 juta rupiah. Jika Anda menjalankan bisnis ini dengan sistem franchise dengan membeli konsep dan resep dari franchisor, mungkin modal yang dibutuhkan tergantung dari kebijaksanaan serta kesepakatan awal antara Anda dan franchisor tersebut.

Modal Usaha Minuman Es Cappucino Cincau

Sebenarnya sajian es cappucino cincau ini merupakan bentuk inovasi dari kopi. Sebagai inovasi tersebut, mungkin terdapat masyarakat yang tidak menggemari minum kopi, tetapi dengan sajian es cappucino cincau yang diberi es batu yang sangat menyegarkan ini bisa saja enak untuk dinikmati.

Untuk mengawali usaha es cappucino cincau sebenarnya memang cukup mudah. Anda juga perlu menyiapkan modal yang cukup, akan tetapi modal yang dikeluarkan untuk menjalankan bisnis minuman ini juga tidaklah terlalu besar. Menjalani bisnis capucino cincau juga dibutuhkan peralatan dan juga perlengkapan untuk memulai bisnis minuman ini. Selain itu, juga membutuhkan strategi, ketekatan dan keyakinan agar nantinya bisa menjalankan sebuah bisnis dengan lancar.

Modal Usaha Es Capucino Cincau

Strategi Pemasaran Bisnis Capucino Cincau

Untuk strategi pemasaran Usaha minuman satu ini dapat dilakukan dengan cara membuat rasa yang berbeda dan nikmat. Selain itu, pada era saat ini Anda juga dapat memanfaatkan promosi bisnis minuman ini melalui media sosia, seperti bbm, facebook, twitter, line, whatsApp, instagram dan media yang lain. Anda sendiri juga dapat mempromosikan dengan menyebarkan brosur ke berbagai tempat yang ramai. Selain itu, jika usaha anda ini sudah dapat dibilang terkenal, maka secara otomatis strategi pemasaran akan berjalan dengan sendirinya, yaitu bisa langsung dari mulut ke mulut masyarakat.

Harga Jual Capucino Cincau

Penentuan harga jual minuman es cappucino cincau bisa Anda tentukan dengan kisaran harga 5.000 sampai 6.000 rupiah per cup. Dengan membuat patokan harga yang terjangkau dan bersahabat, maka hal itu juga akan menarik banyaknya minat dari kalangan masyarakat untuk mencobanya. Apalagi pada awal mula usaha. Sebaiknya anda mematok harga yang rendah terlebih dahulu, selanjutnya apabila usaha anda sudah memiliki nama di masyarakat, maka anda bisa menaikkan harga jualnya.

Namun, seperti yang kita ketahui, harga murah dengan kualitas yang tinggi akan selalu menjadi nilai plus bagi penjual.

Es Capucino Cincau Lokasi di Mall

Penentuan Tempat Yang Strategis

Dalam memilih tempat usaha untuk berjualan minuman es cappucino cincau ini, Anda dapat memilih tempat yang ramai, strategis dan tepat. Hal ini disebabkan agar usaha Anda mudah dikenali orang dan berjalan dengan baik. Selain itu, pilihlah lokasi yang banyak dilalui orang seperti di dekat pusat perbelanjaan, pasar, sekolah, kampus, minimarket, sentra jajanan dan tempat strategis lainnya. Hindari lokasi usaha dengan jarak kurang dari 1 km yang menjalankan usaha yang sama agar bisa meminimalisir persaingan. Usaha minuman es cappucino cincau dapat dijalankan dengan cara membuka stand atau membuka kios yang berada di pinggir jalan.

Usaha seperti ini juga bisa Anda jalankan di dekat tempat usaha orang lain yang jual makanan laris. Misalnya saja didaerah Anda yang sering menemui tempat jual makanan yang laris, Anda bisa menjalankan usaha di dekatnya karena besar kemungkinan pembeli setelah makan pasti butuh minum. Disanalah Anda akan dilirik orang. Walaupun sesungguhnya tempat usaha orang lain tersebut sudah menyediakan minuman sendiri.

Pemilihan Menu Minuman Es Cappucino Cincau Yang Unik

Dalam menjalankan sebuah usaha minuman pemilihan menu ini juga sangat penting diperhatikan. Penentuan menu dapat menjadi daya tarik dari minat bagi banyaknya calon konsumen. Maka dari itu, Anda bisa mengolah minuman es cappucino cincau yang unik dan berbeda dari yang lain.

Hal tersebut juga berguna agar konsumen tidak merasa bosan, maka tentu saja Anda harus kreatif dalam mengkreasikan menu. Contohnya seperti pilihan menu yang tidak hanya menjual minuman es cappuccino cincau dengan rasa original saja tetapi Anda bisa kreasikan cita rasa lain seperti cappucino cincau oreo, cappucino cincau blueberry, cappucino cincau bubble dan sebagainya. Intinya yang pasti buatlah kreasi menu sebanyak mungkin dan semenarik mungkin.

Buatlah Booth Yang Menarik Minat Calon Pembeli

Booth atau stand juga perlu masuk dalam strategi pertimbangan Anda dalam usaha. Buatlah booth semenarik mungkin agar orang tertarik untuk membeli produk Anda. Kalau bisa, jagalah kebersihan booth Anda setiap saat agar pembeli tidak merasa jijik dengan tempat Anda berjualan. Karena hal terpenting bagi pemilik usaha khususnya bidang kuliner yaitu senantiasa menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan sekitar booth, maupun kebersihan diri dari si penjual atau pelayan. Pasti percuma apabila produk memiliki cita rasa yang nikmat tetapi kebersihan tidak dijaga, sebab hal ini juga menjadi salah satu pertimbangan pembeli ketika membeli suatu jajanan baik makanan atau minuman.

Namun, jika Anda mengikuti usaha franchise, Anda tidak perlu menyiapkan booth atau stand. Karena biasanya booth telah disediakan satu paket dengan paket berjualan. Akan tetapi juga jika Anda memutuskan memulai usaha sendiri dengan konsep Anda sendiri pula, maka tetap buatlah booth semenarik mungkin.

Ikuti Berbagai Event Untuk Pembelajaran

Dalam menjalankan peluang usaha minuman es cappucino cincau Anda juga perlu mengikuti berbagai macam event untuk kegiatan pembelajaran. Ikuti berbagai seminar. Jika memang ada acara bazar di daerah Anda, Anda juga perlu mengikutinya untuk semakin mengenalkan usaha Anda kepada masyarakat  luas. Jalin hubungan baik dengan EO sehingga Anda bisa tahu kapan ada event –event yang dapat Anda manfaatkan.

Resep Pembuatan Minuman Es Cappucino Cincau

Selanjutnya, disini akan membantu anda dengan memberikan sedikit pengetahuan tentang cara bagaimana membuat minuman es cappuccino cincau.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan yaitu:

  • 2 bungkus cappuccino bubuk
  • 50 gram susu bubuk cokelat( misal, milo)
  • 100 ml air dingin
  • 50 gram gula pasir
  • 25 ml susu kental manis putih
  • 600 gram es batu, dipecahkan

Bahan Bola-bola Sagu atau biasa disebut bubble:

  • 100 gram tepung sagu
  • 1/4 sendok teh kopi instan bubuk
  • 50 ml air hangat
  • 1 sendok makan gula tepung

Bahan Pelengkap:

  • 200 gram cincau hitam, dengan tambahan parutan keju
  • 2 sendok makan susu kental manis, lebih disarankan untuk yang rasa cokelatket

Cara membuat Es Capuccino Cincau :

  1. Untuk pembuatan Bubble, aduk rata tepung sagu, kopi instan bubuk, air, dan gula tepung. Bentuk bulat-bulat kecil. Rebus di dalam air mendidih sampai terapung. Lalu selanjutnya masukkan dalam air es.
  2. Blender halus cappuccino bubuk, susu cokelat, air, gula pasir, susu kental manis, dan es batu.
  3. Sajikan blenderan cappuccino, bola-bola sagu, dan pelengkap.

Tadi itu adalah resep bagaimana cara untuk membuat minuman es cappucino cincau, bagaimana menurut Anda sendiri? Bukankah sangat mudah sekali cara pembuatannya? Es cappucino cincau ini memang saat ini sedang booming dan selalu ramai konsumen jadi jika Anda memanfaatkan peluang bisnis es cappucino cincau ini Anda bisa mendapatakan keuntungan sesuai target apabila Anda menjalankannya dengan baik dan memiliki strategi.

Dalam menjalankan usaha minuman es cappucino ini tidak perlu dijalankan di dalam  ruangan, Anda dapat menjalankan usaha minuman es cappucino ini di luar ruangan atau dengan membuka kedai. Selain itu apabila terdapat stand atau booth yang tersedia di beberapa tempat, anda dapat memanfaatkannya.

Setiap kegiatan usaha pastinya ada kelemahannya, sama halnya dengan usaha es cappucino cincau ini. Usaha es cappucino cincau ini memiliki kelemahan saat musim hujan tiba. Akibatnya ketika musim hujan pasti jumlah konsumen akan berkurang. Cuaca memanglah ikut mendukung. Namun ini bisa Anda siasati dengan menyajikan sajian es cappucino secara hangat yang bisa mengahangatkan tubuh.

Nah, itulah penjelasan tentang usaha minuman es cappuccino cincau. Apakah anda sudah tertarik untuk mencobanya? Semoga artikel ini dapat memberikan inspiransi bagi anda. Terima kasih.

Author

Write A Comment