Entrepreneur.co.id
Garuda Diminta Lebih Transparan Terkait Laporan Keuangan
Ekonomi Industri

Garuda Diminta Lebih Transparan Terkait Laporan Keuangan

Entrepreneur.co.id, Jakarta – Ketua Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), Tarkosunaryo meminta supaya maskapai dengan pelat merah, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk lebih transparan dalam menjelaskan laporan keuangannya. Hal tersebut guna menyelesaikan polemik serta transparansi ini dijadikan suatu bagian dalam keterbukaan informasi garuda sebagai perusahaan terbuka.

“Seyogianya direksi Garuda perlu menjelaskan ke publik sebagai keterbukaan informasi. Mengingat Garuda adalah emiten sekaligus BUMN entitas publik,” kata Ketua Insitut Akuntan Publik Indonesia atau AIPI,¬†Tarkosunaryo, dilanir dari tempo.co, Kamis (25/4/2019).

Seperti diketahui, sebelumnya terjadi perbedaan pendapat antara Dewan Komisaris garuda Indonesia terkait laporan keuangan 2018. Hal tersebut menjadikan dua Komisaris Garuda, Chairil Tanjung dan Dony Oskaria menyatakan keberatan serta tidak menandatangani laporan keuangan tersebut.

Keberatan yang terjadi berpangkal pada adanya pos pendapatan lain-lain yang masih dianggap berbentuk piutang, jumlah ini ikut masuk sebagai total pendapatan perseroan. Tapi kedua komisaris tersebut tidak sependapat dalam pembukuan yang dilaporkan.

Dari berbagai kubu, keduanya menilai bahwa catatan ini mempunyai pertentangan dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Negara (PSAKN) Nomor 23. Mereka mengatakan bahwa piutang yang muncul dari perjanjian kerja sama antara garuda dengan PT Mahata Aero Teknologi harusnya tidak dimasukkan pada pos pendapatan.

Dalam hal ini Tarkosunaryo memberikan pendapat bahwa sebaiknya Garuda membuka secara lengkap bagaimana kontrak antara Daruda Dengan Mahata. Jadi tidak menjadi polemik yang berkepanjangan, khususnya dalam realisasi adanya kerjasama tersebut. “Apakah prestasi pekerjaan sudah ada dan hak tagih sudah dapat dieksekusi,” ucap Tarkosunaryo

Related posts

Penjual Kembang Kuburan Banjir Rejeki Jelang Ramadhan

Reni Puspita

Harga Karet Kini Melonjak Setelah Sempat Melemah

Reni Puspita

BNI Life Insurance Raih Predikat Exceptioonal

Ronald Simatupang

Leave a Comment