Entrepreneur.co.id
Kementan Dorong Produksi Bawang Putih Di Sukabumi Untuk Kejar Target Swasembada
Ekonomi Industri

Kementan Dorong Produksi Bawang Putih Di Sukabumi Untuk Kejar Target Swasembada

Entrepreneur.co.id, Jakarta – Saat ini pemerintah telah menargetkan swasembada bawang putih pada tahun 2021 nanti. Maka dari itu, setiap daerah dihimbau untuk terus melakukan pengembangan khususnya terhadap produksi bawang putih.

Dikatakan oleh Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Suwandi, salah satu daerah yang didorong untuk meningkatkan produksi bawang putih ialah Sukabumi, Jawab Barat. Menurtunya, bawang putih yang dikembangkan di Sukabumi saat ini terhampar di Kaki Gunung Gede Pangarango. Tepatnya berada di Perkebunan Goalpara, Desa Langensari, Kecamatan Sukaraja.

“Di sana ada 25 hektare yang ditanam untuk disiapkan menjadi benih. Ke depan, areal budidayanya akan dikembangkan lebih luas,” ucapnya pada wartawan, Rabu (24/4/2019).

Suwandi menambahkan, pengembangan bawang putih di Sukabumi tersebut merupakan bentuk implementasi program Kementan guna mengejar swasembada di tahun 2021. Dalam hal ini Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi dengan pelaku usaha PT Agri Muda Indonesia terus menggerakkan penanaman bawang putih.

”Pada 2018 lalu sudah ditanam sebelas ribu hektare. Sekarang sudah 20 sampai 30 ribu hektare. Setiap tahun naik dua sampai tiga kali lipat,” jelasnya.

Untuk bisa memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri, setidaknya dibutuhkan 69 ribu hektar lahan dengan kebutuhan bawang puith 550 hingga 600 ribu ton setiap tahun. Jadi produksi yang dilakukan saat ini masih dijadikan benih dan ditargetkan pada tahun 2021 sudah mencapai luas penanaman hingga 90 atau 100 ribu hektar. Perhitungan produktifitas mencapai 8,9 ton per hektar.

“Wilayah pertanaman sudah mencakup 110 kabupaten termasuk di Jawa Barat yaitu Sukabumi, Cianjur, Bandung, Garut, dan Majalengka. Daerah ini agroklimatnya mendukung untuk pertanaman bawang putih,” tandasnya.

Related posts

Rupiah, mata uang regional nyaris tidak berubah, saham menguat

Siti Lailatil Mukarromah

Minat Masyarakat Mudik Dengan Pesawat Mengalami Penurunan Pada Tahun 2019

Ronald Simatupang

Kerjasama Proyek Kapal Selam RI-Korsel Tetap Dilanjutkan

Reni Puspita

Leave a Comment