Entrepreneur.co.id
Industri Sawit Indonesia Terancam Kebijakan Uni Eropa
Ekonomi Industri

Industri Sawit Indonesia Terancam Kebijakan Uni Eropa

Entrepreneur.co.id, Jakarta – Kebijakan Uni Ero[a yang masih melarang menggunakan sawit mengancam pekerja dan petani sawit di Indonesia. Menurut yang diperkirakan, ada jutaan orang yang menggantungkan nasib bertani sawit ikut terdampak.

Diungkap oleh Ketua Bidang Ketenagakerjaan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Sumarjono Saragih, dikatakan bahwa ancaman yang dihadapi oleh para pelaku yang terjun ke industri sawit disebabkan tingginya tuntutan dan standar sawit di pasar global.

Dalam hal ini setidaknya ada enam tuduhan yang dialamatkan. Seperti status ketenagakerjaan, dialog sosial antara perusahaan dan pekerja, keselamatan dan kesehatan kerja, mempekerjakan anak dibawah umur, upah yang sangat minim, serta lemahnya pengawasan yang dilakukan pemerintah.

“Dengan isu lingkungan sudah kewalahan. Ditambah lagi isu anak dan pekerja. Kalau terus digaungkan maka akan berdampak besar bagi industri,” tuturnya di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Sumarjono juga menyampaikan bahwa industri sawit saat ini berada pada ancaman. Hal ini dipengaruhi dengan biaya operasional upah pekerja terus naik, namun harga sawit masih stagnan dari segi fluktuatif dan produktivitas.

Disisi lain, Sekretaris Eksekutif Jejaring Serikat Pekerja/Serikat Buruh Sawit Indonesia (JAPBUSI), Nursanna Marpaung,  mengatakan bahwa Uni Eropa harus melakukan pertimbangan terhadap keputusannya menolak komoditas ini, sebab mempunyai potensi untuk menimbulkan gejolak sosial dan ekonomi di Indonesia.

“Kami mengutuk tindakan EU (Europe Union/Uni Eropa) yang berencana menghentikan pembelian sawit dari Indonesia. Seharusnya Eropa tidak hanya melihat deforestasi. Tetapi pikirkan juga manusianya,” ungkap Nursanna Marpaung.

Related posts

Analis Sebut Melemahnya Rupiah Karena Faktor Eksternal

Ronald Simatupang

Panasonic Target Tumbuh 10 Persen Dengan Tawarkan Produk Unggulan 2019

Reni Puspita

Sri Mulyani Mengakui Adanya Tantangan Besar Untuk Ekonomi Indonesia

Reni Puspita

Leave a Comment