Entrepreneur.co.id
Digital

Guru di Jambi Menggunakan Tiktok Sebagai Media Pembelajaran

Nurfadiah Saat Menggunakan Tiktok

Selama pandemi, proses belajar mengajar di lakukan dirumah. Seluruh sekolah di Indonesia menerapkan Belajar dari rumah atau yang disingkat dengan BDR. Hal ini membuat teknologi semakin dekat dengan para guru.

Begitu pula dengan seorang guru di kota Jambi bernama Nurfadiah. Guru ini harus melakukan proses pengajaran jarak jauh selama pandemi.

Tapi, proses belajar seperti ini akan membuat siswa jenuh menurutnya. Kemudian dia mulai berfikir bagaimana cara agar murid – muridnya tidak merasa bosan saat belajar di rumah.

Nurfadiah Menggunakan Tiktok Sebagai Media Belajar

Salah satu teknologi yang dia gunakan sebagai media pembelajaran adalah aplikasi tiktok. Mengingat saat ini banyak anak yang gemar bermain tiktok. Bahkan konten dia sudah dilihat oleh jutaan orang, padahal dia sendiri tidak tahu bagaimana cara agar masuk fyp tiktok itu sendiri.

Dia pun memilih aplikasi tiktok sebagai arena pembelajaran agar para siswanya senang saat harus melakukan proses belajar itu sendiri.

“Saya menanyakan kepada anak-anak, mau dibuatkan video apa, rata-rata mereka menjawab saya membuat Tik Tok, ya sudah saya buat lah video dengan aplikasi Tik Tok. Ternyata mereka sangat senang, ” ujar Nurfaidah yang juga guru mitra Tanoto Foundation ini.

Nurfadiah terus berinovasi membuat konten – konten pembelajaran yang kemudian dia upload ke dalam aplikasi buatan China ini.

Perlu Pendampingan dari Orang Tua Saat Menggunakan Tiktok

Tidak mau kecolongan saat muridnya belajar menggunakan aplikasi tiktok, Nurfadiah meminta para orang tua selalu mendampingi anaknya saat belajar. Karena menurutnya, tidak hanya konten pembelajaran yang ada di aplikasi itu.

Jadi orang tua harus tetap berperan dalam menjaga keamanan anaknya menggunakan aplikasi tiktok.

Inovasi yang dilakukan oleh Nurfadiah ini berhasil menambah minat anak didiknya untuk tetap belajar walaupun dilakukan secara daring. Terkadang dia mengajak para siswanya untuk berkomunikasi menggunakan zoom.

Zoom juga berperan penting dalam proses belajar dan mengajar dengan sistem jarak jauh ini. Apalagi saat mengerjakan ujian, Nurfadiah akan memantau anak didiknya saat mengerjakan soal menggunakan aplikasi zoom.

Semoga 2021 sekolah bisa kembali aktif

Nurfadiah juga berharap kalau belajar mengajar di kelas dapat kembali normal di tahun 2021 ini. Karena menurutnya memang lebih efektif saat melakukan proses belajar secara tatap muka.

Semoga saja tahun 2021 ini semua sudah kembali normal, sehingga anak – anak dapat kembali belajar di sekolah secara langsung.

Related posts

Indonesia Bakal Segara Membangun ‘Silicon Valley’ di Sukabumi

Rifaya Akbar

5 Cara Mudah Masuk FYP Tiktok di Jamin Cepat Viral

Amanda Febriana

Dukung Pemerintah Atasi Pandemi, Shopee Dirikan Pusat Vaksinasi di Bandung

Amanda Febriana

Leave a Comment