Entrepreneur.co.id
Kerjasama Proyek Kapal Selam RI-Korsel Tetap Dilanjutkan
Ekonomi Industri

Kerjasama Proyek Kapal Selam RI-Korsel Tetap Dilanjutkan

Entrepreneur.co.id, Jakarta – Diketahui Menko Polhukam, Wiranto melakukan pertemuan dengan mitranya, Menteri DAPA (defense Acquisition Program Administration) Korea Selatan (Koresel), Jeon Jei Guk. Pada pertemuan tersebut telah dibahas terkait kelanjutan dari proyek kerja sama militer yakni pesawat tempur dan kapal selam.

Dijelaskan lebih lanjut, Wiranto mengatakan bahwa pertemuan antara dirinya dan Menteri Jeon merupakan kelanjutan dari pembahasan yang sudah diselenggarakan di Korsel pada pertengahan Maret 2019 lau. Pada saat itu Wiranto membawa misi untuk renegoisasi terkait kerja sama proyek pesawat dan jet tempur KFX.

“Itu sementara kita sudah mengajukan satu poin-poin penting yang harus dikembangkan dalam renegosiasi itu dan sekarang sedang dikaji oleh pemerintah Korea Selatan,” jelas Wiranto ketika diwawancara detikFinance di Kemenko Polhukam, Kamis (11/4/2019).

Selain pembahasan kerja sama pesawat, proyek kapal selam juga menjadi agenda didalamnya. Hal tersebut nantinya akan menjadi kerja sama Indonesia-Korsel tahap II. Salah satu kapal selam yang sudah dihasilkan PAL dan Daewoo ialah KRI Alugoro-405.

“Kunjungan beliau kemarin bukan hanya itu tetapi justru urusan untuk kerja sama yang lain yakni pembuatan kapal selam tahap II. jadi, besok beliau akan ke Bandung akan menandatangani mengenai kerja sama pembuatan kapal selam Korea Selatan-Indonesia tahap II,” jelas Wiranto.

“Permintaan Indonesia untuk menurunkan sharing dari 20% ke 15% ini sedang dikaji oleh pemerintah Korea Selatan. Mengapa? karena itu merupakan bagian dari kebijakan Menteri Keuangan sekaligus juga menyangkut masalah-masalah lain dimana harus ada persetujuan parlemen juga, seperti di Indonesia,” tambahnya.

Related posts

Kementan Sebut Pasokan Bawang Merah Dan Cabai Masih Aman

Ronald Simatupang

Rupiah, mata uang regional nyaris tidak berubah, saham menguat

Siti Lailatil Mukarromah

Sri Mulyani Berharap Tradisi Mudik Berdampak Pada Pemerataan Ekonomi

Anggoro Putri

Leave a Comment