Entrepreneur.co.id
Berita

Kemendag akan Hapus Syarat Rekomendasi Impor Barang Modal

Telah diberitakan dari kementerian perdagangan atau Kemendag telah menyatakan yang dimana sedang dalam merivisi 18 aturannya agar ekspor dan juga investasi dapat bisa naik. Kemudian aturan berbentuk peraturan menteri perdagangan atau permendag. Revisi tersebut telah ditargetkan rampung yang dimana sebelum presiden terpilih di periode 2019 hingga 2024 Joko Widodo atau Jokowi akan dilantik pada tanggal 20 Oktober tahun 2019 yang akan mendatang.

Kemudian dari Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita telah mengutarakan yang dimana salah satu dari beleid yang memang akan direvisi ialah permendag nomor 17 tahun 2018 yang bertentangkan Perubahan kedua atas Permendag di Nomor 127/M-DAG/PER/12/2015 tentang dari ketentuan Impor Barang Modal di dalam Keadaan Tidaklah Baru.

“Jadi direvisi ini memang tidak perlu rekomendasi lagi ataupun bagi pelaku usaha yang cukup berniat investasi. Yang pasti untuk investasi memang tidak perlu untuk di rekomendasi” ujarnya dari Enggartiasto tepatnya di Malang pada hari Rabu Malam

Maka dari itu dengan demikian dari Kementerian Perdagangan yang nantinya memang akan langsung mengeluarkan sebuah izin impor yang dimana bagi pelaku dari usaha yang mengajukan sebuah perizinan. Hal ini memang akan mempercepat waktu dimana pengiraman barang modal ke Indonesia.

“Jika kalau dulu kan mau investasi mau tidak mau perlu untuk permisi dulu, putar dulu. Pakai dengan doa dua samapi di tiga bulan agar sebuah izin tersebut keluar. Tanpa dari doa bisa satu tahun” Ucapnya.

Kemudian secara terpisahan bersama dengan Dirjen Perdagangan Luar Negeri atau Kemendaf Indrasari Wisnu Wardhana telah menyatakan bahwa proses dari kajian tenrsebut untuk revisi saat in memang masihlah berlangsung. Pokonya proses dari revisi permendag nomor 17 Tahun 2018 telah dikalim hampir disebut rampung. “Unutu aturan dari barang modal yang memang tidak baru itu sudah dapat diproeses ya, tinggal finalisasinya saja” ucap Wisnu.

Bila memang akan di rinci sambungnya itu, ada 11 aturan yang dimana mengenai impor dan juga tuuh kebijakan terkait dari ekspor yang akan direvisi kembali. Wisnu juga telah mengutarakan bahwa sebagian dari aturan yang sedang dalam pembahasan bersama dengan beberapa kementerian atau lembaga terkait.

Related posts

Rupiah, mata uang regional nyaris tidak berubah, saham menguat

Siti Lailatil Mukarromah

Diramal Stabil, Harga Emas Antam ‘Pede’ Naik Jadi Rp766 Ribu

Fey Bianca

Aksi #SurabayaMenggugat Jilid II Batal Digelar Hari Ini

Fey Bianca

Leave a Comment